Merdeka !!!
Mumpung masih dalam suasana kemerdekaan, gw juga mau ngasih sdikit sumbangsih nih buat bangsaku tercinta. Berupa apakah ?? sembako? atau sebuah penemuan penting?
Yupp .. hampir tepat jika disebut penemuan penting. Bagaimana tidak, 5 tahun lalu gw mati-matian untuk menemukannya .. memeras otak sampe kering bin kisut untuk memecahkannya (walopun cuman seharian doang. Hahahaha)
Ini dia guys .. naskah teks proklamasi dalam bahasa Inggris
jeng jeeng jeeeeeeeeeeeeeeenggggggggggg

We, the Indonesian people, hereby declare the independence of Indonesia.
Matters concerning the transfer of power, etc., will be carried out in a conscientious manner and as speedily as possible.
Jakarta, 17th day of 8th month, year 05 (note: Japanese calendar year)
In the name of the nation of Indonesia
<<Soekarno/Hatta’s signatures>> Soekarno – Hatta

5 taon yang lalu, saat masih kelas 3 SMA gw dapet tugas dari pak Sutadi – guru basa Inggris gw – buat translate teks proklamasi dari basa Indonesia ke basa Inggrisnya. Weleh weleh lha biasanya yang namanya translate kan dari basa Inggris ke Indonesia, ini malah Indonesia ke Inggris. Kurang kerjaan banget nih guru, pikirku. Atau jangan-jangan Pak Sutadi gak bisa translate sendiri yo, kok malah nyuruh anak-anak buat translate tuh naskah terpenting di negeri ini.
Akhirnya dengan berbekal chipset kamus indonesia-inggeris yang tertanam di otak mulai dari TK, gw berhasil menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Hanya saja kata Pak Sutadi, “hmm .. yah daripada tidak ngumpulin sama sekali Le“.
Hahahaha klo nggak salah, ini teks hasil translateanku

We, Indonesian people, with this acknowledge the independence of Indonesia.
Points that about power transfer etc, held with exact manner and in the tempo that speed
Jakarta, day 17th month 8th year 05
in the name of Indonesian people
Sukarno-Hatta

Oia, nyang ini jangan dicopy yak .. bisa merusak negara neh. Suerr

Advertisements