Kembali pas ABG, saat masih berseragam biru putih …

Ceritanya pas gw liburan sekolah, mau liburan di Yogya di tempat paman Imam Mawardi. Setting cerita ini di dalam bus antar kota Surabaya – Yogya sekitar pukul 10.00, suhu udara sekitar 30 derajat celcius dengan backsound lagunya Tasya yang “Libur telah tiba …. libur telah tiba .. hore .. hore ”

Gw duduk sendiri dengan keadaan kursi sebelah kosong, suatu ketika entah dimana tempatnya tiba-tiba bus berhenti. Begitu bus berhenti sesosok makhluk manis (cewek pastinya) naik ke bus, celingukan kanan kiri kayak mantri sapi. Tiba-tiba dia ngeliat gw .. Degh wah kayaknya gw kenal ni cewek, kayaknya sodara jauh gw deh. Maklum pas masih kecil gw pernah dikenalin sama saudara jauh yang hubungan kerabatnya udah gak jelas lagi sama keluarga gw, dari tampangya sih emang iya banget. Filingku dia sodara jauh yang udah lama tak bersua itu. Langsung gua senyum sambil ngisyaratin klo tempat duduk sebelah gw kosong (eh eh .. isyarat yang aneh :p). Eh ternyata si gadis juga mbales senyum, cengar cengir malahan ke gw. Langsung dia nyamperin gw, hehehe gayung pun bersambut gw juga udah muter otak buat nyari bahan omongan ntar. Tentunya ya gak jauh jauh sama keluarga …

Makhluk manis berjalan mendekat dan semakin mendekat ke tempat dudukku, begitu langkahnya sampe di sebelahku dia masih tersenyum sambil ngomong dengan ramah …. “Maaf mas, ada yang nempatin ndak ?”. Eh, ternyata dari suaranya aja gw langsung tau … itu bukan sodara jauh gw yang ketemu pas kecil dulu, sialan. Lalu siapakah gadis ini ??

Cerita berlanjut dengan kondisi Afwan yang serba salah tingkah, gara2 udah kepedean setengah mati. Duh, dunia sangat dingin rasanya .. Untungnya si cewek berinisiatif untuk kick-off duluan, “Turun dimana mas ?”. Dengan masih gorgi 99% si Afwan ngejawab, “Yogya, mbak … Mbak kemana ?”.

Si cewek ngejawab dengan ramah, dan masih dengan senyuman (pasti dia tau banget klo gw grogi), “Oh, Glodok, ini udah hampir nyampe .. Bentar lagi saya turun”. Wah wah dia mau turun sodara-sodara, gw harus bertindak cepat. Langsung gw ngajak dia ngobrol ngalor-ngidul, langsung interview di tempat lah ceritanya. Dari hasil interview singkat gw berhasil tau klo namanya Mucy, angkatannya sama ky gw, 2002 (SMPnya cingg …). Tapi sayangnya baru kenal sebentar, Mucy langsung pamitan, “Afwan, saya turun dulu ya .. terima kasih buat waktunya”. “iya sama-sama … makasih juga. Ati – ati ya”, sambil melongo gw nyahut ….

Advertisements